7 Tempat yang Wajib Dikunjungi Ketika Berada di Yogyakarta

7 Tempat yang Wajib Dikunjungi Ketika Berada di Yogyakarta

Yogyakarta atau Kota Jogja adalah salah satu Kota terbesar yang berada di Indonesia, sekilas tentang Kota Yogyakarta sendiri merupakan daerah yang memiliki otonomi khusus, dimana bentuk pemerintahannya adalah Keraton , dan Sultan Yogyakarta secara otomatis menjadi Gubernur Yogyakarta.

Mungkin karena beberapa alasan itu kota Jogja sering menjadi destinasi tempat berlibur atau berwisawa. Untuk kalian yang mungkin saat ini berada di Jogja dan tidak tahu ingin berwisata kemana, berikut referensi saya untuk tempat yang wajib dikunjungi ketika berada di Yogyakarta ditambah surga wisata rahasia yang menarik.

Candi Prambanan

Tempat wisata di Jogja adalah hal pertama yang wajib dikunjungi adalah candi Prambanan. Candi yang didirikan dalam waktu satu malam ini menjadi salah satu destinasi wisata yang tidak boleh kalian lewatkan jika berkunjung ke kota Jogja.

Banyak wisatawan dari berbagi wilayah dan negara datang ke Candi ini, untuk melihat keajaiban alam yang pernah ada. Candi Prambanan terletak sekitar 17 KM dari pusat kota Yogyakarta. Apabila kalian tidak membawa kendaraan pribadi, untuk mencapai Candi Prambanan kalian dapat menggunakan bus dan turun di halte Prambanan, cukup mudah untuk mencapai Candi Prambanan.

Ketika kalian pertama kali datang ke tempat ini maka mata kita akan terbelalak dan sangat takjub dengan kemegahan dan pesona yang dimiliki oleh candi Prambanan. Candi Prambanan ini terletak di perbatasan antara dua provinsi, yakni Jogjakarta dan Jawa Tengah.

Wisata Keraton Yogyakarta dan Alun-Alun Yogyakarta

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika berada di Yogyakarta adalah keraton Yogyakarta. Keraton ini merupakan kerajaan yang sudah ada sejak dahulu, dan merupakan salah satu pilar bangsa untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Bagi kalian yang mau mengunjungi keraton ini, disarankan datang pagi hari, karena Keraton Yogyakarta buka dari jam 8 pagi sampai dengan jam 2 siang saja. dan ketika malam hari, halaman keratin juga menjadi destinasi wisata malam, karena disana terdapat dua pohon beringin yang konon, jika kalian dapat melewati 2 pohon tersebut dengan mata tertutup, keinganan kalian akan terkabul.

Wisata Air Terjun Sri Gethuk yang Berada Di Kota Jogja

Air terjun Sir Gethuk adalah tempat wisata alam di Jogja yang yang wajib kalian kunjungi. Tempat wisata alam air terjun ini terletak di Gunung Kidul, Desa Wisata Blebean, di ngarai Sungai Oya. Untuk kalian yang tertarik mengunjungi air terjun ini, kalian dapat mengambir rute berikut ini:

  • Bagi wisatawan yang datang dari kota Jogja, berkendaralah menuju ke arah Wonosari. Ikuti terus jalan Jogja-Wonosari hingga sampai di pertigaan Gading. Pada pertigaan tersebut, terdapat papan penunjuk arah yang telah disediakan dan ikutilah jalan sesuai petunjuk arah tersebut hingga tiba di daerah Playen.
  • Ketika tiba daerah Playen, ada banyak petunjuk arah menuju lokasi Air Terjun Sri Gethuk serta sejumlah objek wisata lainnya. Disarankan untuk mengambil arah melalui jalan beraspal meskipun berjarak sedikit lebih jauh dibandingkan jika melalui jalan off-road.
  • Tips Tambahan. Jalan off-road ini patut dihindari mengingat kondisinya yang lumayan buruk atau lebih tepatnya jalan yang berbatu.

Tempat Wisata Curug Indah di Tegalrejo Yogyakarta

Bagi pecinta alam, Curug tegal rejo dapat menjadi salah satu destinasi tempat yang wajib dikunjungi ketika berada di Yogyakarta. Karena curug memiliki air terjun dari ketinggian lebih dari 3 meter.

Bagi kalian yang tertarik untuk mandi-mandi di curug ini, kalian harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki kurang lebih sekitar 10 menit, dan untuk mencapai curug yang paling atas. Kemudian kalian harus berjalan kaki lagi sekitar 5 menit melewati jalan setapak, atau juga bisa menyusuri sungai.

Curug Indah Tegalrejo memiliki banyak Curug (air terjun kecil) dengan ketinggian dan bentuk yang bervariasi dengan kolam dibawahnya yang biasa digunakan untuk mandi atau sekedar bermain air.

Lokasinya ada di Tegalrejo, Gunung Kidul, berbatasan langsung dengan daerah Bayat, Klaten, jawa Tengah. Curug ini sering dikatakan sebagai surga tersembunyi ini juga tanpa biaya masuk alias gratis, hanya perlu membayar biaya parkir saja.

Wisata Taman Pintar Yogyakarta

Kota Jogja memiliki gelar sebagai kota pelajar, salah satu tempat yang cocok untuk berwisata edukasi di Jogja adalah Taman Pintar Yogyakarta. Disini kalian bisa secara bebas dan leluasa mendalami pelajaran sains di sekolah melalui pengamatan langsung. Sangat cocok sekali untuk menambah pengetahuan anak serta untuk memancing minat mereka untuk menyukai ilmu pengetahuan.

Sebagai wahana rekreasi dan belajar, Taman Pintar terbuka untuk umum. Tersedia juga berbagai fasilitas penunjang, diantaranya adalah food court, area bermain (playground), ruang audiovisual, dan ruang pertemuan multifungsi (exhibition hall).
Agar dapat menikmati fasilitasdi Taman pinta ini, kita harus mengeluarkan uang untuk tiket sebesar Rp 15 ribu rupiah per orang (dewasa), Rp 8 ribu rupiah per orang (anak-anak), dan Rp 15 ribu rupiah per orang (bagi yang ingin ke planetarium).

Snowboarding Gumuk Pasir Di Pantai Parangkusumo

Surga rahasia lainnya di Jogjakarta adalah Snowboarding Gumuk Pasir Di Pantai Parangkusumo. Anda harus mencoba sensasi bermain pasir ‘salju’ disini, ya hanya pasir. Tetapi bagi anda pecinta olahraga adrenalin, tempat ini harus masuk dalam daftar kunjungan anda selama di Jogja.

Gumuk pasir hanya ada dua tempat di dunia. Yang pertama di Meksiko, dan yang kedua di Indonesia, Pantai Parangkusumo Jogja ini. Disini Anda bisa merasakan sensai menuruni bukit pasir dengan papan seluncur dengan aman bahkan untuk pemula.

Candi Sambisari, Peninggalan Peradaban Hindu Kuno

Wisata sejarah yang tidak kalau menarik selanjutnya adalah mengunjungi candi peninggalan peradaban Hindu Kuno. Salah satu tempat wisawa yang sangat nyaman dinikmati, karena disediakan taman yang luas dan tempat duduk untuk memandang dari kejauhan peninggalan sejarah yang dibuat sekitar abad ke- 9 Masehi.

Berwisata ke Peninggalan Peradaban Hindu Kuno di Candi Sambisari

Lokasi candi ini terletak di Desa Sambisari, Kelurahan Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman Jogjakarta. Nama Sambisari sendiri dinamakan karena candi tersebut berada di Desa Sambisari. Secara astronomis, Candi Sambirsari terletak di 7° 45’48.13” LS dan 110° 26’46.43” BT. Candi Sambisari ditemukan pada tahun 1966 oleh seorang petani yang sedang mencangkul sawah, dan menemukan bongkahan batu yang mempunyai ukiran.

Candi yang masih terlihat utuh walaupun memiliki beberapa retak yang diakibatkan usia, canti ini terletak di ke dalaman sekitar 6.5 meter di bawah tanah. Ekskavasi candi Sambisari pertama dilakukan pada tahun 1966 oleh Kantor cabang I Lembaga Peninggalan Purbakala Nasional di Prambanan. Ketika ditemukan candi-candi tersebut sudah dalam keadaan runtuh kecuali pada bagian kaki candi. Sebagian pagar candi dan tubuh candi masih utuh dan bagus. Pada tahun 1986 pemugaran.

Banyak hal lainnya yang dapat kalian nikmati ketika berada di kota Jogja. bagi anda masyarakat lokal, tentu sudah tidak asing lagi dengan beberapa tempat di atas. Bagi mahasiswa yang kuliah di Jogja, ayo keluar rumah dan jelajahi kota Jogja, Indonesia ini indah, sangat sayang sekali kalau anda tidak menikmati salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika berada di Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *